Senin 15 Feb 2016 10:53 WIB

Banjir Pendatang Baru, Populasi Australia Diperkirakan Setara Shanghai

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Jenis perahu yang biasa digunakan para pencar suaka dan imigran gelap ke Australia
Foto: ABC News
Jenis perahu yang biasa digunakan para pencar suaka dan imigran gelap ke Australia

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Populasi Australia diperkirakan akan mencapai lebih dari 24 juta orang. Lebih dari setengah angka tersebut didorong oleh pendatang baru.

Seperti diberitakan laman The Guardian, Senin (15/2), dengan besarnya angka tersebut membuat Australia setara dengan penduduk Shanghai yang merupakan tempat bagi 24 juta orang.

Sekitar delapan hingga 12 juta penduduk disahkan pada 1968. Bahkan angka populasi terbaru diambil dari Biro Statistik Australia menunjukkan peningkatan populasi satu orang setiap 91 detik. Hal ini diketahui berdasarkan tingkat kelahiran, kematian dan migrasi.

Berdasarkan angka ini, Australia akan mencapai populasi 25 juta pada 2018 dan 50 juta di 2086. Pada saat itu menurut perkiraan PBB, populasi global akan mencapai 10,6 miliar.

Direktur demografi ABS Beidar Cho mengatakan, migrasi dari luar negeri menyumbang 54 persen dari pertumbuhan Australia pada 2015. Angka itu turun dari 2009 ketika migrasi dari luar negeri menyumbang 66 persen dari pertumbuhan penduduk.

Baca juga:

Dapat Serangan Laser, Pesawat Virgin Airways Putar Balik

Pemerintah Persatuan Libya Akhirnya Terbentuk

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement