Ahad 21 Feb 2016 04:30 WIB

Keren, Ini Museum Bawah Laut Pertama di Eropa

Rep: shelby asrianti/ Red: Taufik Rachman
Museo Atlantico
Museo Atlantico

REPUBLIKA.CO.ID, LANZAROTE -- Museo Atlantico, museum patung bawah laut pertama di Eropa, akan segera dibuka di perairan Samudera Atlantik Pulau Lanzarote, Spanyol. Museum dapat diakses pengunjung umum mulai 25 Februari 2016.

Cara menikmatinya, tentu saja para pengunjung harus menyelam ke dasar laut. Terdapat 400 patung dan seni instalasi terbaru karya seniman Inggris Jason deCaires Taylor.

Taylor adalah seniman yang dikenal karena seni instalasinya yang juga telah ia pamerkan di Meksiko, Bahama, dan Thames. Seperti banyak karya-karyanya, Taylor memaksudkan patung-patungnya di Museo Atlantico sebagai dialog perenungan.

Misalnya, patung The Raft of Lampedusa, yang merupakan plesetan karya pelukis Théodore Gericault berjudul The Raft of the Medusa. Sedikit banyak, karya itu mendeskripsikan gambaran paralel derita pelaut yang kapalnya karam serta krisis pengungsi saat ini.

"Patung ini tidak dimaksudkan untuk memperingati banyaknya nyawa yang hilang tapi sebagai pengingat tentang tanggung jawab kolektif kita sebagai masyarakat global," tutur Taylor.

Karya lain, Rubicon, terdiri dari 35 sosok manusia yang berjalan di bawah gelombang. Karya seni itu disimbolkan sebagai efek perubahan iklim dan menandakan point of no return.

Apa yang digarap Taylor juga rekat dengan isu konservasi. Patung-patung pahatannya dibuat dari semen laut ber-pH netral yang tidak berbahaya bagi ekosistem, bisa menarik makhluk laut berdatangan, dan dapat menjadi sarana tumbuhnya terumbu karang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement