Ahad 21 Feb 2016 09:15 WIB

Alqaidah Kuasai Pesisir Selatan Yaman

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Warga mencari korban selamat di reruntuhan rumah di Sanaa, Yaman.
Foto: Hani Mohammed/AP
Warga mencari korban selamat di reruntuhan rumah di Sanaa, Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, ADEN – Kantor berita Al Arabiya News Channel, melaporkan, militan Alqaidah menguasai pesisir selatan Kota Ahwar di Yemen pada Sabtu (20/2). Menurut warga setempat di Ahwar, militan Alqaidah dikerahkan di pintu masuk timur ke kota.

Militan juga berada di atap puncak gedung-gedung pemerintah, di mana mereka berjuang melawan Popular Resistance Units yang setia kepada Presiden Yaman Abdrabbu Mansour Hadi.

"Saat fajar pagi ini orang-orang bersenjata Alqaeda bentrok dengan pasukan Perlawanan Rakyat, membunuh tiga orang dari mereka,’’ kata seorang warga seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Ahad  (21/2).

Kota pesisir dan kabupaten sekitarnya, di provinsi Abyan, adalah rumah bagi lebih dari 30 ribu orang dan memiliki jaringan geografis yang penting antara kota pelabuhan utama Mukalla ke timur dan kota kecil Zinjibar, yang keduanya Alqaidah rebut bulan lalu.

Alqaidah di Semenanjung Arab (AQAP) baru-baru ini membuat kemajuan di Yaman. Tetapi Alqaidah juga telah mengalami kemunduran, kehilangan pemimpinnya, dan beberapa pejabat tinggi saat serangan drone AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement