Ahad 21 Feb 2016 15:24 WIB

Donald Trump Menang di South Carolina, Hillary Clinton di Nevada

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Donald Trump
Foto: Reuters
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTH CAROLINA -- Donald Trump memenangkan primary South Carolina di ajang pemilihan kandidat presiden dari partai Republik, Ahad (21/2). Sementara dari partai Demokrat, Hillary Clinton mengalahkan Senator Vermont Bernie Sanders di Nevada.

Hasil ini akan menjadi kunci Super Tuesday pada 1 Maret mendatang ketika lebih banyak negara bagian memilih kandidat bersamaan. "Tidak ada yang mudah ketika maju untuk jadi presiden," kata Trump dalam pawai kemenangannya di Spartanburg, Sabtu malam seperti dikutip BBC.

Para pendukungnya membeludak di markas kampanye ketika hasil primary diumumkan. Milyarder New York ini terus mengamankan posisi kuatnya dengan memenangkan sebagian besar primary dan kaukus beberapa waktu lalu.

Jauh di barat, Clinton menang tipis dari Sanders setelah sebelumnya dikalahkan di New Hampshire. "Beberapa telah meragukan kita tapi kita tidak pernah meragukan satu sama lain," kata Clinton pada pendukungnya di pawai kemenangan di Las Vegas.

Para kandidat Demokrat ini masih akan menghadapi primary di South Carolina pada 27 Februari. Sementara Republik akan menghadapi kaukus di Nevada pada Selasa mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement