Senin 22 Feb 2016 05:32 WIB

Mengintip 10 Lukisan Termahal Sepanjang Sejarah

Red: Ilham
Lukisan When Will You Marry? Paul Gauguin tahun 1892
Foto: Wikipedia
Lukisan When Will You Marry? Paul Gauguin tahun 1892

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil karya seni, seperti lukisan, kadang tak bisa ditebak. Beberapa di antaranya bisa terlihat biasa dan sangat mungkin bisa dibuat oleh siswa sekolah dasar sekalipun, tapi memiliki harga yang tinggi. Tentu saja, harga ini sangat dipengaruhi oleh sosok pembuat dan sejarah lukisannya.

Saat ini, lukisan termahal di dunia dipegang oleh lukisan berjudul, "When Will You Marry?". Harga lukisan ini mencapai lebih dari Rp 4 triliun. Berikut 10 lukisan termahal di dunia yang diambil dari berbagai sumber.

1. When Will You Marry?

Lukisan minyak karya seniman Impresionis Prancis Paul Gauguin tahun 1892 ini pernah dipinjamkan ke Kunstmuseum di Basel, Swiss, selama hampir setengah abad. Lukisan ini kemudian dijual secara pribadi oleh keluarga Rudolf Staechelin pada seorang pembeli tak dikenal, kabarnya oleh keluarga kerajaan Qatar, pada Februari 2015 dengan harga hampir 300 juta dolar Amerika atau Rp 4,04 triliun.

When Will You Marry? menggambarkan dua wanita Tahiti dalam pakaian misionaris dan gaun primitif. Lukisan ini dipamerkan di Fondation Beyeler, Riehen, sampai 28 Juni 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement