Selasa 23 Feb 2016 09:12 WIB

Soal Ponsel Penembak San Bernardino, Zuckerberg Simpati pada Apple

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengatakan ia bersimpati kepada posisi Apple dalam bentrokan mereka dengan Biro Investigasi Federal (FBI). Ia tak percaya pemerintah harus melanggar perlindungan enskripsi demi menyelesaikan masalah ini.

"Saya tak berpikir membongkar enskripsi akan efektif meningkatkan keamaman atau ini hal yang benar dilakukan. Kami cukup bersimpati kepada Tim (Cook) dan Apple," kata Zuckerberg pada acara Mobile World Congress seperti dilansir BBC News, Senin (22/2).

Ia menambahkan Facebook berkomitmen melakukan semua hal mencegah terorisme. Tapi menurutnya perusahaannya juga mendukung enskripsi. Tak hanya Zuckerberg, pemimpin Google dan Twitter juga menyuarakan dukungannya kepada Apple.

Sebelumnya, FBI telah meminta Apple mengizinkan untuk membongkar iPhone milik pelaku penembakan di California guna penyelidikan. Namun, CEO Apple Tim Cook mengatakan perintah FBI itu bisa berbahaya dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan Ahad (21/2), Direktur FBI James Comey mengatakan permintaan itu untuk para korban dan menegakkan keadilan.

"Kami hanya ingin kesempatan, dengan surat perintah penggeledahan, mencoba menebak kode sandi teroris," ujar Comey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement