Kamis 25 Feb 2016 10:34 WIB

WHO: Zika akan Memburuk Sebelum Membaik

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Lara berusia kurang dari tiga bulan terlahir dengan microcephaly yang terkena Wabah Virus Zika di Brazil.
Foto: AP/Felipe Dana
Lara berusia kurang dari tiga bulan terlahir dengan microcephaly yang terkena Wabah Virus Zika di Brazil.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Kepala WHO memperingatkan wabah zika akan memburuk sebelum negara-negara terkepung oleh virus, Rabu (24/2). Direktur Jenderal WHO Margaret Chan berkomentar demikian di akhir kunjungan dua harinya ke Brasil, negara pusat krisis zika.

"Ini akan memburuk sebelum membaik," kata Chan dalam konferensi pers di Rio de Janeiro. "Jangan kaget melihat laporan mikrosefalia di bagian lain Brasil," tambahnya.

Wabah zika saat ini terkonsentrasi di bagian timur laut Brasil. Pekan ini, Brasil mengonfirmasi lebih dari 580 kasus mikrosefalia yang sebagian besar terkait infeksi zika pada ibunya. Total ada tambahan 4.100 kasus mikrosefalia di Brasil.

Setelah Brasil, Kolombia adalah negara kedua yang terimbas. Pada Rabu, kasus mikrosefalia diduga terkait zika dilaporkan dari janin yang diaborsi. Kolombia melaporkan lebih dari 37 ribu kasus zika, termasuk 6.356 kasus pada perempuan hamil.

Wabah telah menyebar di sedikitnya 34 negara, sebagian besar berada di Amerika. Hingga saat ini WHO belum mengonfirmasi hubungan zika dengan mikrosefalia. Chan mengatakan para ilmuwan masih melakukan penelitian terhadap hal tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement