Jumat 26 Feb 2016 09:10 WIB

Pengungsi di Yunani Coba Gantung Diri di Pohon

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
 Anak pengungsi Suriah berusia empat tahun terlelap tidur saat menunggu di perbatasan Yunani-Macedonia.   (REUTERS/Ognen Teofilovski)
Anak pengungsi Suriah berusia empat tahun terlelap tidur saat menunggu di perbatasan Yunani-Macedonia. (REUTERS/Ognen Teofilovski)

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Dua orang pengungsi berusaha bunuh diri dengan gantung diri di pohon di alun-alun Athena, Victoria Square, yang menjadi titik pertemuan bagi pengungsi yang datang. Keduanya segera dilarikan ke rumah sakit.

Seperti dilansir laman Aljazirah, kedua laki-laki tersebut dilaporkan berasal dari Pakistan. Mereka menggantung diri dengan tali dari potongan-potongan kain di sebuah pohon di Victoria Square, pada Kamis (25/2). Mereka diduga putus asa setelah keputusan yang memblokir ribuan pengungsi sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan mereka.

Tak lama kemudian ambulans tiba di tempat kejadian dan membawa mereka ke rumah sakit untuk perawatan. Pejabat dari Pusat Operasi Kesehatan Nasional Yunani mengatakan, dua orang tersebut telah dibebaskan dalam kondisi baik pada Kamis.

Sumber rumah sakit mengatakan dua orang diyakini bersaudara. Tapi tak dapat diverifikasi secara independen.

Juru bicara kepolisian juga menegaskan kedua orang dalam keadaan baik. Dia mengatakan mereka kemungkinan berasal dari Pakistan, tapi belum diverifikasi karena mereka tak memiliki dokumen.

"Itu (usaha bunuh diri) terjadi di tengah hari di Victoria Square. Mereka mungkin ingin menunjukkan mereka keberatan dengan fakta mereka tidak bisa meninggalkan (Yunani)," ujar juru bicara polisi.

Ribuan pengungsi telah terperangkap di Athena dan utara perbatasan Yunani, setelah pemerintah di Skopje mengizinkan jumlah orang yang sangat terbatas untuk menyeberangi perbatasan. Yunani telah kedatangan jutaan pengungsi sejak Januari 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement