Sabtu 27 Feb 2016 04:33 WIB

Cegah ISIS Kembali, Militan Libya Blokir Jalan dengan Pohon

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Petugas keamanan berjaga-jaga di Bengazi, Libya
Foto: reuters
Petugas keamanan berjaga-jaga di Bengazi, Libya

REPUBLIKA.CO.ID, DERNA -- Tujuh bulan setelah kelompok militan di kota Derna, Libya berhasil mengusir ISIS dari kota, mereka memblokir jalan untuk mencegah ISIS kembali. Mereka memblokir jalan dengan menggunakan batang pohon dan pembatas beton, Jumat (26/2).

Dilansir dari AFP, ISIS telah meninggalkan kota Derna tujuh bulan lalu. Mereka sebelumnya mengambil kesempatan saat terjadi revolusi di Libya 2011.

ISIS menyebarkan pahamnya dan menguasai dua kota administrasi di pertengahan 2014. Mereka menguasai Derna dan menggunakannya sebagai benteng pertahanan di Pantai Utara Libya.

Setelah mereka keluar dari Libya, kelompok revolusi Dewan Syura saat ini yang mengendalikan Derna. Mereka juga berusaha menjaga agar ISIS tak kembali lagi.

Sebelumnya Senin (23/2) lalu enam anggota kelompok tersebut tewas dalam bentrokan dengan ISIS. Saat itu sebuah tank bersiaga menembak ISIS, sementara penembak jitu ditempatkan di gedung-gedung tinggi.

"Kami memutuskan untuk melawan ISIS karena mereka melakukan kejahatan, kami melakukanya untuk membela tanah air," ujar seorang kelompok militan.

Mereka mengaku sebagai pemuda Libya yang tidak berafiliasi dengan kelompok atau gerakan mana pun. Mereka berjuang mengakhiri ketidakadilan di Libya.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement