Ahad 28 Feb 2016 08:30 WIB

Hillary Menangkan Primary South Carolina

Hillary Clinton
Foto: Reuters
Hillary Clinton

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTH CAROLINA -- Calon kandidat Presiden AS dari partai Demokrat, Hillary Clinton menangkan primary South Carolina, Sabtu (27/2). Ia mengalahkan Bernie Sanders, rival Demokrat utama untuk ketiga kalinya.

Ia mengambil momentum sebelum Super Tuesday, ketika 11 negara bagian melakukan pemilihan sekaligus. Mantan Menteri Luar Negeri ini mengumpulkan dukungan kuat dari para pemilih kulit hitam.

"Untuk South Carolina, untuk para sukarelawan di jantung kampanye ini, untuk para pendukung, terima kasih," kata Clinton dilansir Reuters Ahad (28/2). Suka cita kemenangan Clinton dirayakan di Columbia, South Carolina yang merupakan basis kuat Clinton.

"Ini waktunya, ini waktunya untuk perempuan di Gedung Putih," kata dia pada pendukungnya yang disambut sorak sorai. Sanders memberikan selamat pada rivalnya sambil berjanji untuk terus berjuang dalam kampanye.

"Biar saya jelaskan satu hal malam ini. Kampanye ini baru saja dimulai. Kita menangkan New Hampshire, ia menangkan South Carolina. Sekarang kita menuju Super Tuesday," kata Sanders. Setelahnya empat negara bagian akan memilih akhir pekan depan.

Pada Super Tuesday, 11 negara bagian akan memilih bersamaan. Dari 11 negara bagian, enam di selatan adalah populasi minoritas. Ini menunjukan Clinton berpeluang besar untuk menang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement