Ahad 06 Mar 2016 15:24 WIB

Donald Trump Minta Rubio Keluar dari Persaingan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Joko Sadewo
Donald Trump
Foto: AFP
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, LOUISIANA -- Kandidat presiden partai Republik, Donald Trump mulai terancam tersisihkan, Sabtu (5/3). Kandidat lain Ted Cruz mulai mengimbangi langkah Trump dengan memenangkan dua negara bagian.

Trump menang dalam kaukus Republik di Kentucky dan primary Louisiana. Sementara Cruz memenangkan kaukus di Kansas dan Maine. "Saya ingin melihat Ted Cruz dalam pertarungan satu lawan satu," kata Trump mengesampingkan dua kandidat lain, Marco Rubio dan John Kasich.

Ia bahkan mendesak dua rivalnya itu keluar dari ajang pertarungan nominasi. "Marco Rubio menghadapi malam yang sangat buruk dan secara personal saya minta ia keluar," kata Trump. Rubio dan Kasich hingga saat ini belum menanggapi pernyataan Trump.

Sementara di kubu Demokrat, Bernie Sanders menang dua negara bagian, Kansas dan Nebraska, dan Hillary menang di Louisiana. Para pakar mengatakan Sanders di Louisiana karena kekurangan dukungan dari para pemilih Afrika-Amerika.

"Tidak peduli siapa yang jadi nominasi dari Demokrat, saya yakin hari terburuk kita sebenarnya masih lebih baik daripada hari terbaik Republik," kata Clinton, dikutip BBC.

Perolehan hingga saat ini menunjukan Clinton dan Trump masih memimpin di masing-masing partai. Clinton telah mengantongi 1.121 delegasi dari kebutuhan 2.383 delegasi untuk jadi nominasi partai. Sementara Sanders jauh di belakang dengan perolehan 479 delegasi.

Di kubu Republik, Trump memimpin dengan 378 delegasi dari kebutuhan 1.237 delegasi. Cruz berada di tempat kedua dengan perolehan yang bisa menyaingi Trump yaitu 295 delegasi. Sementara Rubio dengan 123 delegasi.

Selanjutnya, Demokrat akan menggelar kaukus Maine pada 6 Maret. Pada 8 Maret, Republik akan menggelar kaukus di Hawaii, Idaho, primary di Idaho, Michigan, Mississippi. Demokrat akan menggelar primary di Michigan dan Mississippi pada tanggal yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement