Senin 07 Mar 2016 14:20 WIB

Rubio Unggul di Puerto Rico, Sanders di Maine

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Calon kandidat Demokrat, Hillary Clinton dan Bernie Sanders menggelar debat satu lawan satu mereka untuk pertama kalinya, Kamis (4/2).
Foto: Reuters/Mike Segar
Calon kandidat Demokrat, Hillary Clinton dan Bernie Sanders menggelar debat satu lawan satu mereka untuk pertama kalinya, Kamis (4/2).

REPUBLIKA.CO.ID, PUERTO RICO -- Kandidat partai Republik yang selama ini berada di posisi tiga, Marco Rubio unggul dalam pemilihan pendahuluan (primary) di Puerto Rico, Ahad (6/3). Seperempat suara yang sudah dihitung memberikan 75 persen bagi  senator Florida tersebut.

Jika Rubio mengamankan 50 persen dari total suara, ia akan membawa pulang 23 delegasi dari Puerto Rico. "Jumlah ini sangat melegakan. Primary di Puerto Rico akan menunjukan, suara Hispanik sangat penting," kata Kepala Partai Republik Puerto Rico, Jenniffer Gonzalez.

Rivalnya, Donald Trump dan Ted Cruz sebelumnya mendesak Rubio mundur dari ajang pertarungan. Rubio adalah satu-satunya kandidat Republik yang kampanye di Puerto Rico. Ini adalah salah satu teritorial AS yang tidak ikut dalam pilpres AS tapi tetap berpartisipasi dalam penominasian partai.

Hingga saat ini Rubio telah mengamankan satu teritorial dan satu negara bagian. Ia menang di kaukus Minnesota pada Super Tuesday 1 Maret lalu.

Sementara di Demokrat, Bernie Sanders keluar sebagai pemenang di kaukus Maine. Sanders membawa pulang suara dari 14 delegasi sementara Hillary Clinton enam  delegasi. Meski demikian, jumlah ini tidak terlalu berpengaruh signifikan sejak jumlah delegasi Clinton jauh lebih banyak.

Baca juga,  Trump Masih Jadi Kandidat Kuat Partai Republik.

 

 

sumber : AP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement