Kamis 10 Mar 2016 15:08 WIB

Konflik Irak dan Suriah Perburuk Krisis Pangan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Warga Suriah kelaparan
Foto: al-monitor
Warga Suriah kelaparan

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Food and Agriculture Organization (FAO) merilis 34 negara yang membutuhkan bantuan makanan darurat, Kamis (10/3). Sebanyak 27 negara di antaranya adalah negara Afrika.

"Mereka tidak punya cukup makanan untuk penduduknya karena konflik, kekeringan dan banjir," kata PBB dalam laporan yang dirilis Rabu.

Laporan prospek panen dan situasi pangan FAO mengatakan konflik di Irak, Suriah, Yaman, Somalia dan Republik Afrika Tengah telah memperburuk krisis kemanusiaan.

Produksi pertanian di negara-negara tersebut sangat buruk. Imbasnya juga merembet pada negara-negara tetangga yang menampung pengungsi. Ini membuat persaingan untuk mendapat makanan jadi sangat sulit. Sumber makanan pun menipis.

Berikut negara-negara yang masuk dalam daftar kekurangan makanan; Zimbabwe, Burkina Faso, Chad, Djibouti, Eritrea, Guinea, Liberia, Malawi, Mali, Mauritania, Niger, Sierra Leone, Burundi, Kamerun, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Kenya, Lesotho, Madagaskar, Mozambik, Sudan Selatan, Sudan, Swaziland, Uganda, Afghanistan, Myanmar, Nepal dan Korea Utara.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement