Senin 14 Mar 2016 14:37 WIB

Ini yang Terjadi pada Otak Ketika Seseorang Berhalusinasi

Sekitar 70 persen orang sehat mengalami halusinasi jinak ketika mereka tertidur
Foto: abc
Sekitar 70 persen orang sehat mengalami halusinasi jinak ketika mereka tertidur

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Pernah mendengar suara-suara di kepala Anda? Melihat hal-hal yang sebenarnya tak ada? Anda tak harus mengalami skizofrenia atau mengonsumsi tablet LSD untuk mengalami halusinasi, dan itu tak selalu menakutkan.

Halusinasi sebenarnya cukup umum.

"Ternyata, banyak orang dengan fungsi normal sehari-hari, terkadang mengalami apa yang secara teknis disebut halusinasi," kata Profesor John McGrath dari Institut Otak Queensland.

Profesor John baru-baru ini menemukan hampir satu dari 20 orang yang ketika sepenuhnya terjaga mendengar atau melihat hal-hal yang tak didengar atau dilihat orang lain.

Jadi, apa sebenarnya halusinasi? Profesor John mengatakan, ini adalah persepsi yang salah dari realitas dan itu bisa terjadi pada berbagai macam indra, tetapi yang paling umum adalah halusinasi visual dan auditori.

Biasanya, otak kita begitu bagus dalam membedakan antara suara atau gambar yang terjadi di dunia luar, dan yang hanya terjadi di pikiran kita. Tapi kadang-kadang, sesuatu bisa saja salah.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-03-14/ini-yang-terjadi-pada-otak-ketika-seseorang-berhalusinasi/1558496
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement