Selasa 15 Mar 2016 07:51 WIB

20 Kota di Dunia dengan Pertumbuhan Penduduk Tercepat, Setengahnya Ada di Cina

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Ani Nursalikah
Panorama of downtown Tianjin
Foto: en.wikipedia.org
Panorama of downtown Tianjin

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON – Populasi penduduk di perkotaan merupakan salah satu tolak ukur yang memengaruhi ekonomi suatu negara. Pola konsumsi dan produktivitas penduduk kota cenderung lebih dinamis dibandingkan daerah.

Seperti dilaporkan The Telegraph, Senin (14/3), berikut ini daftar 20 kota di dunia dengan pertumbuhan penduduk tercepat di dunia. Laporan tersebut berdasarkan data demographia.com, yang memakai standar PBB 2010-2020 yang menetapkan kota berpenduduk padat minimal lima juta jiwa.

20. Chongqing, Cina.

Populasi: 7,22 juta jiwa.

Rata-rata pertumbuhan per tahun: +3,08 persen.

Chongqing merupakan kota terbesar di Cina bagian barat sekaligus pelabuhan darat terpenting. Sebagian besar wilayah Chongqing terletak di semenanjung dekat Sungai Yangtze. Ada banyak gedung pencakar langit sebagai pusat bisnis dan metropolitan. Kota ini juga memiliki jejak sejarah yang bisa dirunut sejak era Dinasti Tang. 

19. Tianjin, Cina

Populasi: 10,92 juta jiwa.

Rata-rata pertumbuhan per tahun: +3,09 persen.

Kota Tianjin memuat ambisi Cina dalam “Rencana Nasional Urbanisasi Baru” yang akan merelokasi hampir 250 juta penduduk perdesaan Cina ke perkotaan. Tianjin merupakan salah satu kota di bagian tengah daratan Cina yang diproyeksi siap menjalani rencana tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement