Senin 21 Mar 2016 09:54 WIB

Kim Jong-un Periksa Peluncuran Rudal

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Kim Jong un
Foto: EPA/KCNA
Kim Jong un

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un memeriksa peluncuran rudal dan latihan militer. Hal tersebut tampak di satu set gambar baru yang dirilis oleh Korut.

Seperti diberitakan The Independent, Ahad (20/3), gambar diambil di lokasi yang dirahasiakan dan tanggal yang tidak diketahui tapi diyakini baru-baru ini.

Surat kabar yang dikendalikan negara Rodong Sinmun melaporkan, foto-foto tersebut merupakan penangkal nuklir kuat. Penangkal tersebut disiapkan untuk membuat serangan nuklir pada musuh di mana saja, tanah, udara, laut dan bawah air.

Kim mengaku senang menyaksikan semangat tinggi Korut dan mencatat tank mewakili semangat. Gambar ini muncul setelah negara isolasi itu dikutuk Dewan Keamanan PBB karena meluncurkan rudal balistik jarak menengah 500 mil di lepas pantainya. Sepekan sebelum peluncuran, Korut juga menembakkan perangkat balistik jarak pendek ke laut.

AS dan Korea Selatan juga sedang menjalankan rangkaian latihan militer tahunan. Korut melihatnya sebagai persiapan untuk invasi.

Sebanyak 17 ribu tentara Amerika dan 300 ribu tentara Korsel sedang melakukan latihan militer selama lebih dari satu bulan dan meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut. Kim pun mengutuk latihan militer yang dilakukan tetangga negaranya tersebut.

"Jika mereka menghancurkan bahkan satu pohon atau rumput di wilayah kami, saya akan menyerang.. gerombolan militer boneka dengan baptisan mematikan sehingga mereka mungkin tidak ada lagi," kata Kim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement