Ahad 27 Mar 2016 15:08 WIB

Warga Meksiko Bakar 'Donald Trump' Sebagai Ritual Paskah

Stupa Donald Trump diledakkan dalam ritual Paskah di Meksiko.
Foto: Reuters
Stupa Donald Trump diledakkan dalam ritual Paskah di Meksiko.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Warga Meksiko merayakan ritual Paskah dengan cara yang unik. Sabtu malam mereka membakar stupa berbentuk Donald Trump, yang pandang anti-imigrannya menimbulkan kemarahan di perbatasan Meksiko.

Di lingkungan kumuh La Merched di Mexico City, ratusan warga meneriakkan kata-kata 'mati' dan olokan lain sambil melihat replika Trump diledakkan. Media melaporkan ritual ini terjadi di sepanjang Meksiko dari Puebla ke kota industri Meksiko di Monterrey.

Membakar stupa merupakan tradisi suci orang Meksiko. Warga membakar stupa sebagai perwakilan Judas Iscariot yang mengkhianati Yesus menurut Injil. Biasanya stupa berwujud figur politik yang tidak disukai.

"Karena dia mulai kampanyenya dan berbicara tentang imigran, Meksiko, dan orang Meksiko, saya bilang saya harus buat stupanya," kata Felipe Linares, seniman pembuat stupa Trump yang sudah membuat stupa sejak 50 tahun.

Kampanye Trump memang memicu kontroversi. Ia menyebut akan membangun dinding di perbatasan selatan AS untuk menjaga imigran ilegal dan narkoba masuk ke AS, dikutip dari Reuters, Ahad (27/3).

(baca: Mood Donald Trump Terlihat dari Warna Topinya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement