Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Sejarah Hari Ini: BMW Jerman Beli Rolls-Royce

Rabu 30 Mar 2016 05:30 WIB

Red: Ani Nursalikah

Rolls-Royce Dawn.

Rolls-Royce Dawn.

Foto: Rolls-Royce

REPUBLIKA.CO.ID, Produsen mobil mewah kebanggaan Inggris, Rolls-Royce dijual ke perusahaan mobil Jerman BMW. Pada 30 Maret 1998, perusahaan pemilik Rolls-Royce PLC Vickers mengumumkan BMW telah menyampaikan tawaran antara 340 juta hingga 571 juta dolar AS dalam lelang enam bulan.

Seperti dilansir The New York Times, para penggemar Rolls-Royce sangat kecewa. Mereka berharap dapat menyelamatkan perusahaan yang mereka cintai dari tangan asing.

Loyalis Britania Rolls-Royce memproklamirkan diri mereka terkejut dan kesedihan. Mereka bersumpah akan membeli kembali dengan penawaran lebih tinggi.

Rolls-Royce telah dimiliki dan dicintai oleh mantan Syekh Iran, Elvis Presley, Lawrence of Arabia dan tentu saja, keluarga kerajaan Inggris. John Lennon membeli Silver Shadow pada 1960-an dan mengecatnya dengan warna-warna psikedelik.

Setelah hampir bangkrut di awal 1970-an Rolls-Royce kemudian diakuisisi oleh Vickers pada 1980. Perusahaan kemudian perlahan-lahan berjuang bangkit. Tetapi Vickers yang merupakan produsen peralatan militer, mengalami kejatuhan dan mengumumkan akan menjual bisnis mobil untuk berfokus pada usaha intinya.

Selanjutnya: Presiden Reagan Ditembak



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA