Rabu 30 Mar 2016 09:31 WIB

Ribuan Ekor Sapi Tinggalkan Australia Barat Menuju Indonesia

Petugas menurunkan sapi impor asal australia di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (2/9).Republika/Edwin Dwi Putranto
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Petugas menurunkan sapi impor asal australia di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (2/9).Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA BARAT -- Lebih dari 5.000 ekor sapi akan meninggalkan Pelabuhan Wyndham Port di Australia Barat akhir pekan ini dengan tujuan Indonesia, menandai dimulainya aktivitas pengiriman ekspor sapi tahun ini.

Sapi-sapi yang diangkut dengan Kapal The Ocean Drover tersebut umumnya berasal dari peternakan di wilayah antara Hall Creek dan Fitzroy Crossing. Kapal akan mampir di Darwin untuk mengambil tambahan muatan sekitar 10 ribu ekor sapi lainnya.

Aktivitas pengapalan ini menandai dimulainya kembali kegiatan eskpor di wilayah Kimberley.

Menurut Manajer Pelabuhan Wyndham Port Steve Forrest, kegiatan pengapalan berjalan lancar. "Kami menaikkan sekitar 700 ekor sapi perjam. Ternaknya bagus-bagus dan pengangkutannya dengan truk juga lancar, jadi tidak ada penundaan," kata Forrest kepada ABC.

Pelabuhan Wyndham Port mengalami penurunan aktivitas dalam 18 bulan terakhir menyusul anjloknya kegiatan pertambangan, termasuk pertambangan bijih besi dan nikel. Forrest berharap tingginya angka ekspor ternak sapi akan membuat pelabuhan ini kembali sibuk.

Haydn Sale merupakan salah seorang peternak yang 600 ekor sapinya berada di atas Kapal Ocean Drover dan mengaku senang musim ekspor sudah dimulai kembali.

"Dimulainya agak cepat tahun ini dan harga ternak juga sedang bagus. "Sebelumnya kami hanya mengirim ternak ke Pelabuhan Wyndham ini dua atau tiga kali selama ini. Namun kini dengan adanya aktivitas ini, bisa menjadi pilihan bagi kami para peternak," katanya.

Sementara itu Pelabuhan Broome Port juga di kawasan itu juga diharapkan memulai aktivitas pengiriman ternak akhir pekan ini.

 

Baca: Sejarah Hari Ini: BMW Jerman Beli Rolls-Royce

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-03-30/ribuan-ekor-sapi-tinggalkan-australia-barat-menuju-indonesia/1563940
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement