Jumat 01 Apr 2016 08:23 WIB

80 Persen Perempuan Australia Gunakan Nama Suami Setelah Menikah

Cincin kawin
Foto:

"Jika Anda menikah, Anda bisa menggunakan nama suami untuk keperluan sosial, tapi secara hukum, Anda harus tetap menggunakan nama lahir. Bahkan faktanya di Yunani adalah merupakan pelanggaran hukum jika perempuan menggunakan nama suaminya, sama juga dengan di Belanda dan juga negara-negara yang secara adat perempuannya tetap menggunakan nama keluarga mereka, Malaysia dan Korea merupakan dua negara yang seperti itu juga,” katanya.
 
Dia menambahkan, pada banyak kebudayaan Latin, orang memiliki nama ganda dan begitu juga perempuan mereka kerap memilih nama apa yang akan mereka gunakan dalam pernikahan, misalnya mereka akan menggunakan nama tengah ibunya atau nama ayahnya, tapi itu biasanya tergantung pada pilihan seseorang.
 
Dalam praktiknya di Australia seorang perempuan bisa menegosiasikan dengan calon suaminya apakah anak-anak mereka kelak akan menggunakan nama suami atau istrinya. Seperti dikatakan seorang perempuan asal Adelaide, Deb.
 
"Kami berdiskusi tentang nama untuk anak ketika saya hamil pertama dan kita memutuskan bersama kalau anak-anak Saya nanti akan menggunakan nama saya,” katanya.
 
"Dan itu didasarkan pada banyak pertimbangan. Pertama, saya sangat bangga dengan nama depan saya dan tidak akan menggantinya setelah menikah dan itu merupakan hal yang penting buat saya. Hal lainnya adalah dari pihak keluarga saya tidak memiliki anak lain yang akan meneruskan nama keluarga kami, karena kakak perempuan saya telah mengganti namanya setelah menikah,” kata Deb.
 
Deb mengatakan dia menghadapi banyak perlawanan ketika mengambil keputusan itu selama bertahun-tahun tapi anak-anaknya tidak pernah mempertanyakan keputusan orang tuanya.

"Orang mengatakan kepada saya, bagaimana Anda akan menjelaskan kepada Anak-anak kamu ketika mereka besar nanti kalau mereka berbeda dengan orang lain. Anak-anak saya tidak pernah mempertanyakan penggunaan nama depan saya,” katanya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-03-31/80-perempuan-australia-gunakan-nama-suami-setelah-menikah/1564648
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement