Senin 04 Apr 2016 07:31 WIB

Pesawat Mendarat di Jalan Tol, Penumpang Mobil Tewas

Rep: Rr Laeny Sulistywati/ Red: Nur Aini
Pesawat yang mendarat di jalan tol
Foto: Facebook/Ventura County Fire Department
Pesawat yang mendarat di jalan tol

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Sebuah pesawat mendarat di jalan tol di Negara Bagian California, Amerika Serikat (AS). Pesawat tersebut kemudian menabrak sebuah mobil dan menyebabkan seorang penumpangnya meninggal dunia.

Sejumlah saksi mata mengatakan pesawat jenis Lancair IV itu terlihat mengalami kendala teknis sebelum mendarat darurat di jalan tol. Namun, pendaratan tidak berlangsung mulus. Alih-alih menggunakan roda, pilot mendarat menggunakan perut pesawat dan tergelincir sampai menabrak sebuah mobil yang diparkir di sisi jalan tol. Tabrakan itu kemudian menewaskan perempuan yaitu Antoinette Isbelle, 38 tahun asal Kota San Diego, yang tengah duduk di bagian belakang mobil.

‘’Sopir mobil saat itu meminggirkan kendaraannya karena sedang menelepon,’’ ujar polisi patroli tol California Chris Parent seperti dikutip dari laman BBC, Senin (4/4).

Selain korban tewas, insiden itu menyebabkan lima orang cedera, termasuk pilot pesawat dan penumpang pesawat. Pendaratan di jalan tol bukan yang pertama bagi pesawat itu. Pada 2000, pemilik pesawat sebelumnya, Matt Nokes, pernah melakukan pendaratan serupa di jalan bebas hambatan. Namun, saat itu tidak ada insiden fatal. Nokes mengaku mengenal pilot pesawat secara pribadi.

“Sedih mendengarnya,” katanya kepada kantor berita Associated Press.

Selama satu dekade terakhir, tercatat ada tiga pesawat yang mendarat darurat di ruas jalan tol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement