Rabu 06 Apr 2016 15:32 WIB

Teknologi Sel Induk akan Mampu Tumbuhkan Tulang Manusia

Associate Professor Pimanda mengatakan masih butuh waktu sebelum manusia mampu menumbuhkan lengan dan kaki yang hilang.
Foto: abc
Associate Professor Pimanda mengatakan masih butuh waktu sebelum manusia mampu menumbuhkan lengan dan kaki yang hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Peneliti Australia optimistis dalam waktu dekat mereka akan mampu menggunakan teknologi sel induk untuk menumbuhkan tulang dan jaringan tubuh manusia yang rusak karena cedera, penyakit maupun usia.

Tim peneliti dari Universitas New South Wales mengatakan sistem perbaikan sel induk memiliki cara kerja yang mirip dengan bagaimana ikan salamander mampu menumbuhkan kembali kaki atau ekornya ketika hilang atau terpotong.
 
Ini merupakan teknik yang berpotensi untuk menyembuhkan luka, cedera punggung kronis dan patah tulang yang buruk.
 
Associate Professor UNSW, John Pimanda mengatakan teknik ini menggunakan sel pasien sendiri sehingga peluang penolakan jaringan juga kecil dan bisa menghilangkan keprihatinan seputar masalah etika penggunaan sel induk embrionik.
 
Associate Professor Pimanda mengatakan timnya mengambil sel tulang dan sel lemak manusia dan tikus untuk kemudian diubah menjadi "sel induk yang diinduksikan."
 
"Perbedaan antara sel induk multipoten ini adalah bahwa sekali kita transplantasikan ke daerah-daerah yang mengalami kerusakan jaringan, mereka menunjukan perbaikan jaringan tubuh yang dapat dikendalikan," katanya.
 
"Mereka hanya diperbaiki jaringan yang rusak saja."
 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-06/teknologi-sel-induk-dalam-waktu-dekat-mampu-menumbuhkan-tulang-manusia/1566242
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement