Kamis 07 Apr 2016 03:57 WIB

Amitabh Bachchan dan Aishwarya Rai Ikut Terseret Panama Papers

Red: Nur Aini
Amitabh Bachchan
Foto: AP
Amitabh Bachchan

REPUBLIKA.CO.ID,NEW DELHI -- Bintang Bollywood Amitabh Bachchan menyangkal keterkaitannya dengan perusahaan offshore untuk penggelapan pajak. The Indian Express melaporkan bahwa Bachchan ditunjuk sebagai direktur di empat perusahaan perkapalan pada 1993, yang teregistrasi di British Virgin Island dan Bahama.

Dia dan aktis Bollywood Aishwarya Rai masuk dalam 500 orang India yang terdapat dalam Panama Papers. Penasehat Media Rai mempertanyakan keaslian dokumen tersebut.

Indian Express melaporkan Bachchan tak merespon permintaan tanggapan, namun dia menerbitkan pernyataan yang membantah keterlibatan tersebut.

"Saya tidak pernah menjadi direktur di perusahaan apapun. Kemungkinan nama saya disalahgunakan," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya telah membayar semua pajak termasuk uang yang dibelanjakan di luar negeri. "Saya telah membayar semua pajak termasuk uang yang saya belanjakan sesuai dengan undang-undang, termasuk remitansi melalui Liberalised Remittance Scheme (LRS), setelah membayar pajak India. Dalam laporan berita India Express tidak mengindikasikan hal ilegal di pihak saya," ungkapnya.

Laporan Indian Express juga melaporkan Aishwarya Rai dan keluarganya ditunjuk sebagai direktur sebuah perusahaan di British Virgin Island pada 2005, yang dibubarkan pada 2008.

Dilansir dari BBC, penasehat media Rai mengatakan semua informasi tersebut tidak benar dan palsu. Rai menikah dengan anak Amitabh Bachchan, Abhishekh.

Baca juga: Obama Dorong Reformasi Pajak Internasional Setelah Panama Papers Terkuak

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement