Kamis 07 Apr 2016 14:59 WIB

Lebih dari 89 Juta Warga Cina Terkena Obesitas

Rep: MROL60/ Red: Andi Nur Aminah
Warga Cina yang banyak mengalami obesitas atau kegemukan
Foto: Yibada
Warga Cina yang banyak mengalami obesitas atau kegemukan

REPUBLIKA.CO.ID, Belakangan ini lebih banyak orang bertubuh gemuk daripada orang bertubuh kurus di seluruh dunia. Cina merupakan salah satu negara dengan populasi terbesar penduduknya juga memiliki warga yang terkena obesitas paling banyak. Dikutip dari Yibada sekitar 89,6 juta penduduk Cina bertubuh gemuk. Pria berjumlah 43,2 juta dan wanita 46,4 Juta.

Menurut penelitian, angka-angka ini tidak hanya menempatkan Cina di posisi teratas secara keseluruhan, tetapi juga memegang jumlah terbesar dari orang bertubuh gemuk di dunia berdasarkan jenis kelamin. Namun lebih spesifik, 16,3 persen dan 12,4 persen dari total populasi obesitas di dunia untuk pria dan wanita di Cina.

Meningkatnya obesitas mengakibatkan masalah kesehatan yang beragam. "Obesitas dan terutama obesitas berat dan morbid, memengaruhi banyak organ dan proses fisiologi. Kami dapat menangani beberapa, seperti kolesterol tinggi atau tekanan darah, melalui obat-obatan. Tapi dari kebanyakan orang, termasuk diabetes, kita tidak memiliki pengobatan yang efektif," kata Majid Ezzati, profesor dari Imperial College London.

Menurut studi lain, obesitas bisa dicegah dengan pilihan makanan yang cerdas. Dalam studi ini juga mengidentifikasi mekanisme tertentu di mana kebijakan pangan dapat memengaruhi pola makan, termasuk menyediakan lingkungan yang mendorong pengetahuan preferensi makanan sehat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement