Jumat 08 Apr 2016 02:50 WIB

Cina Dirikan Zona Identifikasi Pertahanan Udara di Laut Cina Selatan

Rep: intan Pratiwi/ Red: Taufik Rachman
Laut Cina Selatan
Foto: timegenie.com
Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina tetap akan menderikan zona identifikasi pertahanan udara (Adiz) di perairan Laut Cina Selatan. Meski sempat mendapat penolakan keras dari Amerika, Cina tetap akan melakukan pembangunan tersebut demi mempertahankan kedaulatan.

Pensiunan PLA, Luo Yuan mengatakan Amerika tetap tidak bisa menghapus Cina. Ia mengatakan, Cina tak pernah takut akan ancaman Amerika dan tetap akan mendirikan Adiz disana. Cina rencananya akan meningkatkan fasilitas radar dan landasan pacu di pulau pulau Laut Cina Selatan.

"Kami akan tetap mempertahankan kedaulatan di Laut Cina Selatan," ujar Menteri Pertahanan Cina, Yang Yujun seperti dilansir dari South Cina Morning Post, Kamis (6/4).

Pentagon sempat memberikan nota protes kepada Cina pada 30 Maret lalu. Ia mengatakan pembangunan tersebut akan meperuncing sengketa di Laut Cina Selatan. Yang bersikukuh akan melakukan aksi ini seiring Amerika sendiri juga sudah membangun Adiz di wilayah Laut Cina Selatan.

Jika Adiz yang tidak diatur di daerah sengketa, apa penggunaannya? Mengapa hanya negara-negara seperti AS diizinkan untuk mendirikan sebuah Adiz, sementara Cina sendiri tidak diperbolehkan untuk melakukannya? Hal ini memalukan! "Katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement