Sabtu 09 Apr 2016 06:03 WIB

Wow, Harimau Benggala Ini Punya Tulisan 'Kucing' di Dahinya

Rep: c34/ Red: Bilal Ramadhan
Harimau Benggala bernama Munna yang memiliki tulisan 'cat' di dahinya
Foto: inditales.com
Harimau Benggala bernama Munna yang memiliki tulisan 'cat' di dahinya

REPUBLIKA.CO.ID, Harimau jantan bernama Munna di Taman Nasional Kanha, India, mungkin adalah harimau benggala yang paling sering dipotret. Ia sangat terkenal dan menjadi primadona karena memiliki corak hitam alami di dahi yang membentuk kata 'cat' alias kucing.

Setiap tahun, ribuan fotografer dan wisatawan berduyun-duyun datang untuk melihat harimau yang kini berusia 14 tahun itu. Salah satunya adalah Sarosh Lodhi, fotografer India yang sudah beberapa kali memotret Munna.

"Awalnya saya tidak yakin soal tanda itu dan hanya menganggapnya mitos sampai saya melihatnya sendiri," ujarnya.

Ketika pertama kali mengagumi dan memotret Munna dari jarak aman, Lodhi mendapati Munna agak terpincang. Ia menduga, Munna terluka karena berkelahi dengan harimau lain.

Pria yang berasal Nagpur, India tengah, itu merasa beruntung bisa menjumpai Munna dalam beberapa kesempatan. Ia berujar Munna adalah harimau yang paling mudah dikenali di seluruh taman nasional dan tampaknya sering memenangkan perkelahian dengan harimau lain.

"Sekarang ia semakin tua, saya harap ia menahan diri untuk tidak sering-sering berkelahi agar selalu sehat. Terakhir kali saya mengamatinya, Munna berjalan ke arah saya," ujar fotografer 42 tahun itu takjub.

Taman Nasional Kanha yang juga dikenal sebagai Cagar Alam Harimau Kanha itu memiliki luas 1.945 kilometer persegi. Tempat yang dikelola sejak tahun 1955 tersebut menjadi rumah bagi lebih dari 130 harimau benggala serta rusa, hyena, dan monyet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement