Selasa 12 Apr 2016 12:17 WIB

Perubahan Iklim, Warga Australia akan Konsumsi Lebih Banyak Daging Kanguru

Daging kanguru
Foto: ABC News
Daging kanguru

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Jika perubahan iklim terus berlanjut dan semakin parah, tiga dekade mendatang warga Australia diprediksi akan lebih sering mengonsumsi daging kanguru ketimbang daging sapi. Mereka juga akan mengonsumsi buah dan sayuran lebih sedikit dari jumlah asupan saat ini.

Sekelompok ilmuwan entomologi,  atmosfir, ahli gizi dan ekonomi meneliti akan seperti apa gambaran makanan pokok warga Australia dalam kurun waktu 30 tahun yang akan datang pada 2050.
 
Dari penelitian ini para ilmuwan menyimpulkan dalam kurun waktu tiga dekade mendatang menu makanan warga Australia akan mengonsumsi lebih banyak daging kanguru ketimbang daging sapi dan mengonsumsi lebih sedikit buah dan sayur.
 
Selain itu para pakar ini juga mengatakan perubahan iklim akan memberi perbedaan besar pada cara pandang warga Australia mengenai makanan yang mereka konsumsi dan juga limbah yang mereka hasilkan.
 
Tobin Northfield, dari Universitas James Cook, yang merupakan salah satu bagian dari tim ilmuwan dalam penelitian ini menyebutkan di masa depan, jumlah daging yang dikonsumsi warga Australia sangat bergantung pada status ekonomi mereka.
 
"Anda bisa jadi tidak mampu membeli daging sapi, karenanya Anda akan beralih mengkonsumsi sumber protein yang harganya lebih terjangkau. Terutama sekali pada konsumsi daging sapi, tanaman pangan untuk ternak sapi akan banyak diserang hama, lalu kemudian ternak sapi itu sendiri akan terdampak oleh hama. Karena ternak sapi menghasilkan banyak gas metana, maka kemungkinan akan ada lebih banyak tekanan politik untuk mengurangi konsumsi daging sapi," ujarnya.
 
Dan seiring dengan semakin berkurangnya konsumsi daging sapi oleh warga Australia, tim peneliti ini memperkirakan makanan laut dan daging kanguru akan mengisi kekosongan menu makanan dari daging sapi.
 
John Kelly, dari industri daging kangguru mengatakan daging kanguru sekarang tersedia di supermarket di Australia dan ratusan menu restoran di seluruh Australia.

 

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-11/akibat-perubahan-iklim-warga-australia-akan-konsumsi-lebih-banyak-daging-kangguru/1568238
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement