Senin 25 Apr 2016 07:54 WIB

Obama Tambah 250 Personil Khusus di Suriah

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Indira Rezkisari
Presiden Barack Obama.
Foto: AP/Manuel Balce Ceneta
Presiden Barack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, berencana mengirim lebih banyak pasukan khusus ke Suriah. Pada Ahad (24/4), pejabat AS mengatakan Obama hendak mengirim sekitar 250 personil.

Keputusan ini kemungkinan diumumkan di Hanover, Jerman pada Senin. Isu ini pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal dan dikonfirmasi oleh Reuters pada 1 April bahwa pemerintah Obama sedang mempertimbangkan peningkatan pasukan di sana.

Jika terlaksana, maka jumlah pasukan darat AS di Suriah menjadi sekitar 300 personil. Obama menyangkal bahwa pasukan melakukan operasi tempur daratan. Sebanyak 50 personil awal yang dikirim tahun lalu adalah pasukan operasi khusus.

Menurut seorang pejabat anonim, pasukan seperti ini akan ditambah sekitar 250 orang. Mereka melakukan misi kontraterorisme, bukan untuk terlibat langsung dalam perang. "Sebagian mungkin personil medis atau intelijen," kata dia.

Menurutnya, Obama juga sudah mensahkan sejumlah langkah peningkatan dukungan untuk sekutu di wilayah, termasuk pasukan keamanan Iran dan Suriah yang memerangi ISIS. "Obama akan mengumumkannya sekitar pukul 11.25 pagi waktu Hanover Messe pada Senin," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement