Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Ini Sosok Ridsdel, Sandera Kanada yang Dipenggal Abu Sayyaf

Selasa 26 Apr 2016 08:18 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Sandera Robert Hall dan John Ridsdel (kanan).

Sandera Robert Hall dan John Ridsdel (kanan).

Foto: Huffingtonpost

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Abu Sayyaf mengeksekusi mati John Ridsdel. Ridsdel merupakan pengusaha asal Kanada dari Kota Calgary, Alberta.

Pria yang bekerja di perusahaan tambang itu diculik kelompok Abu Sayyaf di Filipina pada 21 September 2015. Ia diculik ketika kelompok militan menyerbu kawasan wisata Holiday Oceanview, Pulau Samal, selatan Filipina.

Setelah melucuti petugas keamanan, kelompok milisi menculik empat orang yang terdiri dari John Ridsdel (warga Kanada), Robert Hall (Norwegia), manajer marina resor, dan seorang wanita Filipina Teresita Flor.

Keluarga Ridsdel aslinya berasal dari Inggris. Ibunya merupakan seorang perawat keturunan Skotlandia dan ayahnya seorang fisikawan asal London.

Mereka pindah ke Durban, Afrika Selatan, sebelum balik lagi ke Inggris dan datang ke Vancouver. Mereka akhirnya menetap di Calgary. Ridsdel lulus di jurusan ilmu politik di Universitas Toronto. Ia juga meraih gelar master sosiologi politik di London School of Economics.  

Ia awalnya bekerja sebagai produser dan wartawan di CBC Calgary serta Calgary Herald. Ridsdel kemudian bergabung di perusahaan Petro-Kanada. 

Saat diculik, ia bekerja di eksekutif televisi perusahaan tambang. Para milisi meminta uang tebusan sebesar 6,5 juta dolar AS per sandera.

Baca juga, Abu Sayyaf Penggal sandera asal kanada .

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA