Jumat 29 Apr 2016 07:35 WIB

Warga Pedalaman Australia Kini Nikmati Layanan Telekonferensi dengan Dokter

Simone Dudley sedang melakukan sesi terapi wicara dengan pasien anak menggunakan teknologi konferensi jarak jauh atau teleconference.
Foto: abc
Simone Dudley sedang melakukan sesi terapi wicara dengan pasien anak menggunakan teknologi konferensi jarak jauh atau teleconference.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Teknologi konferensi jarak jauh atau teleconference akan dimanfaatkan untuk membantu mempermudah masyarakat yang tinggal di daerah kawasan dan pedalaman Australia berkonsultasi dengan dokter umum dan pelayanan kesehatan lainnya.

Simone Dudley tinggal di pertanian di luar Deniliquin, Riverina, New South Wales dan bekerja sebagai mitra patolog terapi berbicara Sue Cameron di Kota Henty, Barat Daya Victoria.
 
Banyak masyarakat di kawasan Riverina kesulitan menarik dan mempertahankan dokter umum untuk tetap berpraktek di wilayah mereka dan sering kali para spesialis dan mitra profesional lainnya hanya bisa ditemui di pusat kota di kawasan atau kota-kota besar.
 
Dudley mengatakan bagi beberapa keluarga yang tinggal di kawasan terpencil, mengunjungi terapis okupansi harus menempuh perjalanan seauh ratusan kilometer.
 
"Kami bekerja dengan keluarga yang kesulitan mengakses terapis secara langsung, sehingga teknologi konferensi jarak jauh seperti ini menjadi alternatif terbaik. Kita tahu dalam program intervensi atau penanganan keterlambatan perkembangan di usia anak-anak yang memungkinkan anak-anak tinggal di lingkungan alami mereka sangat penting. Kami mendapati kemudahan mengakses kelas terapi reguler dengan cara ini telah meningkatkan frekuensi terapi dan akses. karenanya telekoferensi sangat menguntungkan keluarga untuk bisa mengakses praktek dokter jarak jauh," katanya.

 
Dudley mengatakan fokus nyata dari praktek dokter jarak jauh seperti ini adalah melatih orang tua terkait strategi, ketimbang terapis yang menjalankan strategis penanganan kondisi kesehatan anak atau anggota keluarga lainnya.
 
"Jadi masukan yang kami dapat  dari keluarga-keluarga ini adalah mereka merasa kepercayaan diri dan kemampuan mereka meningkat untuk dapat mendukung anak-anak dalam kegiatan rutin mereka sepanjang pekan, tidak hanya pada sesi terapi saja," katanya.
 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-28/layanan-telekonferensi-dengan-dokter-kini-tersedia-untuk-warga-di-pedalaman-australia/1574948
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement