Senin 02 May 2016 07:23 WIB

Kereta Anjlok di Washington Tumpahkan Zat Kimia Berbahaya

Kereta subway melaju kencang di stasiun bawah tanah, ilustrasi
Kereta subway melaju kencang di stasiun bawah tanah, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Satu kereta barang CSX anjlok di bagian timur laut Washington pada Ahad (1/5). Celakanya, kereta tersebut menumpahkan zat kimia berbahaya dekat stasiun bawah tanah dan mengganggu lalu lintas kereta api bawah tanah. Meski begitu, pihak berwenang mengkonfirmasi kecelakaan itu tidak menimhulkan korban jiwa ataupun luka-luka.

Pemadam kebakaran setempat sempat memperlihatkan kereta yang anjlok tersebut. Sedikitnya 13 gerbong lepas dari relnya. Ratusan galon zat sodium hydroxide, bahan untuk membuat produk-produk rumah tangga termasuk kertas dan detergen, tumpah.

Deputi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran John Donnelly menegaskan petugas bertindak sigap dan segera menyumbat kebocoran tersebut. Ia juga mengatakan jalur kereta akan ditutup sementara karena petugas membutuhkan waktu untuk evakuasi gerbong kereta dan membersihkan tumpahan cairan kimia.

"Tak ada yang melintasi di lintasan itu besok," kata Bowser.

Ia mengatakan penyebab kecelakaan tersebut belum ditentukan, tetapi penyelidikan federal telah dimulai.

Diketahui, kereta yang anjlok itu sedang dalam dalam perjalanan dari Cumberland, Maryland, menuju Hamlet, North Carolina. Saat kejadian, tiga lokomotif menarik 175 gerbong.

Juru bicara Amtrak Vernae Graham mengatakan kereta-kereta jarak jauh Chicago-to-Washington Capitol Limited akan berhenti di Pittsburgh. Para penumpang dengan jurusan Washington diberi transportasi alternatif sampai kawasan itu bisa dilalui.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement