Rabu 04 May 2016 05:15 WIB

Ini 10 Gunung Berapi Paling Berbahaya Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Rep: c39/ Red: Bilal Ramadhan
Letusan gunung berapi  (ilustrasi)
Foto:
Gunung Popocatepetl di Meksiko

4. Gunung Popocatepetl, Meksiko

Puncak gunung ini ditutupi dengan gletser dan terletak sekitar 35 mil dari Kota Meksiko. Terdapat banyak populasi yang berada dalam radius ledakan gunung berapi ini. Sejak tahun 1519, gunung ini telah meletus lebih dari 20 kali. Ledakan terakhir gunung ini terjadi pada tahun 2000.

 

3. Gunung Yellowstone Caldera, AS

Wisatawan dari seluruh dunia merasa tertarik untuk melihat mata air yang menggelegak di Taman Nasional Amerika Serikat (AS) tersebut. Keindahan taman ini akan membuat hati tentram dan menginspirasi kekaguman pada siapa pun yang melihatnya.

Namun, di bawah keindahan yang terletak di bawah gunung itu terdapat gunung berapi  berbahaya yang dapat menghancurkan seluruh bagian barat AS, yaitu Gunung Yellowstone.

Gunung ini termasuk gunung berbahaya karena merupakan gunung berapi aktif super, yang berarti mampu menghasilkan letusan yang sangat besar. Manusia tidak pernah menyaksikan ledakan tersebut, karena  ledakan super terakhir terjadi sekitar ratusan ribu tahun yang lalu.

Gunung ini adalah letusan gunung berapi super pertama yang dikenal manusia, yang terjadi lebih dari 2 juta tahun yang lalu. Letusan tersebut 25 ribu kali lebih besar dari letusan St Helens pada tahun 1980. Abu dari letusan gununng ini dapat terlempar ke seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement