Rabu 11 May 2016 15:44 WIB

Sanders Perlambat Langkah Clinton ke Kursi Nomor Satu AS

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Calon kandidat Demokrat, Hillary Clinton dan Bernie Sanders.
Foto: Reuters/Mike Segar
Calon kandidat Demokrat, Hillary Clinton dan Bernie Sanders.

REPUBLIKA.CO.ID, WEST VIRGINIA -- Bernie Sanders mengalahkan Hillary Clinton dalam pemilihan pendahuluan (primary) Partai Demokrat di Virginia Barat, Selasa (10/5). Kemenangannya menunjukan tak semua pihak tertuju pada kandidat terdepan, Clinton.

Kekalahan ini juga artinya memperlambat langkah Clinton menjadi nominasi partai untuk pemilihan presiden AS. Pemilih dikabarkan skeptis dengan kemampuan Clinton menangani ekonomi dan industri.

Sementara di kubu Republik, Donald Trump kembali memenangkan kontes di Virginia Barat dan Nebraska pada Selasa. Ia dikabarkan akan bertemu dengan para pemimpin partai di Kongres pada Kamis, termasuk Ketua DPR AS, Paul Ryan.

Kontes primary dan kaukus di masing-masing partai akan segera berakhir. Clinton dan Sanders akan melengkapi kontes itu pada 17 Mei dan 7 Juni mendatang. Ada sekitar 700 delegasi lagi yang akan diperebutkan oleh keduanya.

Sanders menunggu momen tersebut untuk menjadi batu loncatan. Ia berjanji untuk melakukan kampanye hingga akhir menuju konvensi partai Demokrat pada 25-28 Juli di Philadelphia. Sanders juga mengaku optimis bisa mengalahkan Trump jika ia terpilih partai.

Baca juga, Tak Terbendung, Trump dan Clinton Menang di New York.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement