Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Penarikan Uang dari ATM di Australia Menurun

Jumat 13 May 2016 10:41 WIB

Red: Ani Nursalikah

Penggunaan ATM di Australia bulan Desember tahun lalu turun tujuh persen.

Penggunaan ATM di Australia bulan Desember tahun lalu turun tujuh persen.

Foto: abc

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Data terbaru dari salah satu bank terbesar di Australia, Commsec menyebutkan penggunaan ATM untuk menarik uang sekarang ini semakin jarang digunakan. Para ekonom memperkirakan di satu saat nanti pembayaran dalam transaksi ekonomi tidak akan lagi dilakukan secara tunai.

Data dari Commsec menunjukkan penarikan uang tunai dari ATM turun 6,4 persen pada Maret dibandingkan tahun sebelumnya. Sebelumnya terjadi juga penurunan Desember tahun lalu sebesar 7 persen.

Dengan dua kali penurunan tersebut, ekonom dari Commsec Craig James mengatakan ini menunjukkan kecenderungan baru di Australia. "Selama empat tahun terakhir, jumlah transaksi ATM terus menurun dari tahun ke tahun," katanya.

Faktor seperti inovasi teknologi, termasuk penggunaan Paypass dan Paywave, membuat konsumen sekarang tidak lagi membawa uang tunai,dan banyak toko tidak lagi mengharuskan pembayaran tunai. Paypass dan Paywave adalah teknologi dimana konsumen bisa membayar langsung dari kartu debit atau kredit yang mereka punyai, tanpa harus mengisi PIN.

Data konsumen lain juga menunjukkan konsumen sekarang lebih berhemat dalam pengeluaran. Commsec mengatakan transaksi kartu debit naik 13 persen dibandingkan tahun lalu, namun utang kartu kredit turun 1,8 persen, penurunan terbesar dalam dua tahun terakhir.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-05-13/penarikan-uang-dari-atm-di-australia-semakin-menurun/1579958
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA