Jumat 13 May 2016 15:33 WIB

AS-Cina Harus Kelola Perbedaan Terkait Laut Cina Selatan

Kapal patroli Cina di Laut Cina Selatan.
Foto: afp
Kapal patroli Cina di Laut Cina Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Anggota Komisi Militer Pusat Cina Jenderal Fang Fenghui melakukan pembicaraan telepon dengan Ketua Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat Jenderal Joseph Dunford, membahas Laut Cina Selatan. Mereka mengatakan, Cina dan AS harus mengelola perbedaan atas perairan yang disengketakan tersebut secara konstruktif.

Kantor berita Xinhua melaporkan pada Jumat (13/5), kedua pihak mengatakan harus saling menahan diri dari tindakan yang dapat merugikan hubungan dan militer kedua negara. Kedua jenderal tersebut berbicara dalam sebuah sambungan telepon video pada Kamis (12/5).

Fang mengatakan, Cina tak bisa disalahkan atas ketegangan dengan AS terkait Laut Cina Selatan. Ia mendesak kedua belah pihak bersama-sama mengelola perbedaan mereka dengan cara yang konstruktif.

"Prospek kesamaan dan kerja sama antara Cina dan AS jauh melebihi perbedaan pendapat dan kontradiksi kami," kata Fang. Cina menurutnya juga ingin mengambil gambaran besar hubungan AS-Cina sebagai basis untuk melakukan pendekatan terkait Laut Cina Selatan.

Sementara Xinhua mengutip Dunford menyerukan semua pihak menahan diri di Laut Cina Selatan. Ia mengatakan AS bersedia bekerja sama dengan Cina membangun mekanisme yang efektif untuk mengontrol risiko, sehingga dapat menjaga stabilitas di Laut Cina Selatan secara damai.

Baca: Cina takkan Gubris Keputusan Mahkamah Arbitrase Soal Laut Cina Selatan

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement