Kamis 19 May 2016 20:00 WIB

Ini Kronologi Hilangnya Egypt Air MS804

Kantor maskapai EgyptAir di Bandara Charles de Gaulle, Paris.
Foto: AP/Raphael Satter
Kantor maskapai EgyptAir di Bandara Charles de Gaulle, Paris.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Departemen penerbangan sipil Yunani mengeluarkan lini masa perjalanan pesawat Egypt Air MS804 sejak masuk wilayah udara Yunani hingga hilang, Kamis (19/5). Waktu yang disebutkan merupakan waktu setempat.

Ditambahkan dengan informasi dari pengawas lalu lintas udara, Flight Radar 24. Pesawat bertujuan Kairo, Mesir dari Paris, Prancis. Waktu penerbangan diperkirakan tiga jam 47 menit. Waktu Yunani tiga jam lebih cepat dari GMT.

Berikut ringkasannya dalam waktu Yunani.

02.24 : Egypt Air MS804 dari Kairo memasuki wilayah udara Yunani, pengendali lalu lintas udara memberi izin.

02.24 : penerbangan ditransfer ke pengendali lalu lintas udara wilayah dan akan keluar dari wilayah udara Yunani. "Pilot dalam semangat yang bagus dan berterima kasih pada pengendali di Yunani," katanya.

03.27 : Pengendali lalu lintas udara Athena mencoba mengontak pesawat untuk menyampaikan informasi pergantian komunikasi dan kendali dari Athena ke Kairo. Saat ini, pesawat tidak merespon. Mereka juga meminta frekuensi panggilan darurat namun tetap tidak direspon.

03.29 : Pesawat berada di titik keluar dari wilayah udara Yunani.

03.39.40 : Sinyal pesawat hilang. Segera, otoritas meminta bantuan Hellenic Air Force untuk mendeteksi target, namun tidak ada hasil.

03.45 : Proses pencarian dan penyelamatan mulai diinisiasi, secara simultan menginformasikan penerbangan ke wilayah Kairo.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement