Kamis 26 May 2016 10:32 WIB

Ini 10 Maskapai Paling Aman di Dunia

Rep: C27/ Red: Ilham
Maskapai Qantas
Foto: AirlineRatings.com
Maskapai Qantas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat masih menjadi pilihan transportasi paling aman dibandingkan lainnya. Meski beberapa kali sudah terjadi kecelakaan pesawat, tapi jika dibandingkan transportasi lainnya, jumlahnya tidak terlalu banyak.

Menurut penerbangan konsumen situs Australia AirlineRatings.com, penerbangan sudah mengangkut 3,6 miliar penumpang dari 34 juta penerbangan pada tahun 2015 di selurh dunia. Hal ini menjadi angka yang cukup hebat dengan kondisi jumlah kecelakaan yang sering diberitakan.

AirlineRatings.com baru-baru ini merilis daftar penerbangan teraman dipilih dari 407 operator di seluruh dunia. Untuk mengkompilasi daftar secara keseluruhan, website tersebut mengevaluasi setiap maskapai berdasarkan regulator internasional, rekor kematian selama 10 tahun terakhir, hasil audit keselamatan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), dan apakah negara maskapai sesuai dengan delapan poin Penerbangan Sipil Internasional Organisasi parameter keselamatan.

Berikut 10 maskapai teraman versi AirlineRatings.com:

1. Qantas

Masakpai asal Australia ini menjadi pelopor keamanan ketika terbang. Reputasi maskapai ini dibangun dengan catatan kemana yang sangat bersih. Selama 93 tahun, belum ada kecelakaan yang fatal sejak tahun 1951.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement