Rabu 01 Jun 2016 10:10 WIB

Bayi Terinfeksi Zika Lahir di New York

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Struktur virus zika.
Foto: Purdue University
Struktur virus zika.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW JERSEY -- Bayi dari ibu terinfeksi zika lahir di New Jersey, Selasa (31/5). Bayi terkait zika pertama di New York ini memiliki tanda-tanda gangguan perkembangan otak dan kepala.

Dokter di Pusat Medis Universitas Hackensack di New Jersey mengonfirmasi bayi itu menderita efek dari virus zika. "Kondisi otak dan kepala bayi hanya berkembang sebagian," kata laporan Fox News.

Ibu bayi (31 tahun) terinfeksi virus ketika mengunjungi Honduras. Ia masuk ruang darurat Hackensack pada Jumat. Pada Selasa, ia melahirkan bayi perempuan yang punya masalah penglihatan dan usus.

Bayi ini diyakini sebagai anak pertama yang lahir dengan komplikasi karena zika di New York. Ibu bayi ini mengalami merah-merah selama dua hari di Honduras. Gejala lain tidak muncul hingga ia tiba di AS.

Ia sangat terpukul dan tidak stabil setelah melahirkan anaknya. Pakar mengatakan penting bagi setiap pasangan untuk waspada terhadap penularan melalui hubungan seksual. Dokter menyarankan pasangan untuk menunda kehamilan hingga delapan tahun bagi pengidap virus Zika.

Baca juga, Remaja Jepang Terinfeksi Virus Zika.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement