Sabtu 04 Jun 2016 22:51 WIB

Obama Mengaku Pajang Sarung Tangan Ali di Istana

Muhammad Ali (tengah) bersama istrinya Lonnie Ali (kiri) dan kakak iparnya Marilyn Williams pada 13 September 2012.
Foto: AP Photo/Matt Slocum
Muhammad Ali (tengah) bersama istrinya Lonnie Ali (kiri) dan kakak iparnya Marilyn Williams pada 13 September 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan dia memajang sepasang sarung tangan Ali di ruangan pribadinya tidak jauh dari Oval Office.

Sarung tangan tersebut ia letakkan di bawah foto Ali muda dengan yang tampak sedang mengaum seperti singa dengan Sonny Liston tersungkur di bawahnya.

Obama dalam pernyataannya mengatakan Ali berjuang atas apa yang ia anggap benar. Ali layaknya Martin Luther King Jr dan Nelson Mandela saat menghadapi masa sulit dan berbicara lantang saat yang lain tidak mau melakukannya.

Obama mengatakan meski fisiknya menurun, legenda tinju dunia itu justru menjadi kekuatan besar bagi perdamaian dan rekonsiliasi bagi dunia.

Baca: Obama: Muhammad Ali Membuat Dunia Lebih Baik

Presiden Obama menambahkan, penyakit parkinson mungkin telah merusak tubuh Ali, namun tidak bisa menghilangkan sinar di matanya.

Presiden AS terdahulu Bill Clinton yang menganugerahi Ali dengan Medali Kepresidenan (Presidential Citizens Medal) sangat berduka dengan kepergian Ali.

"Hillary dan saya sangat sedih dengan kepergian Muhammad Ali. Sejak hari ia meraih medali emas Olimpiade pada 1960, fan tinju di dunia tahu mereka melihat perpaduan keindahan dan keanggunan, kecepatan dan kekuatan yang tidak ada tandingannya," ujarnya, Sabtu (4/6).

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement