Ahad 05 Jun 2016 15:35 WIB

Pemakaman Muhammad Ali Terbuka untuk Semua Orang

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Indira Rezkisari
Fan Muhammad Ali menyampaikan bentuk duka citanya di kampung halaman Ali di Louisville, Kentucky.
Foto: Reuters
Fan Muhammad Ali menyampaikan bentuk duka citanya di kampung halaman Ali di Louisville, Kentucky.

REPUBLIKA.CO.ID, LOUISVILLE -- Sebuah prosesi dan pemakaman besar akan digelar oleh keluarga Muhammad Ali. Pada Sabtu (5/6), keluarga mengatakan siapa pun bisa hadir untuk mengucapkan selamat tinggal pada Ali.

Upacara pemakaman akan digelar di kampung halaman Ali di Louisville, Kentucky, pada Jumat. "Ia adalah penduduk dunia dan ingin semua orang dari seluruh penjuru datang ke pemakamannya," kata juru bicara keluarga, Bob Gunnell.

Mantan presiden AS Bill Clinton akan hadir memberikan pidato puji-pujian. Komedian Billy Crystal dan jurnalis olahraga Bryant Gumble juga akan hadir untuk bicara.

Sementara, upacara pemakaman privat untuk keluarga akan digelar Kamis. Acara pada Jumat akan dimulai dengan layanan doa pribadi bagi anggota keluarga di rumah duka Louisville.

 

Jenazah Ali akan dibawa melewati jalan-jalan utama Louisville, termasuk Broadway. Acara utama akan digelar pada 14.00 waktu setempat di KFC Yum Center dengan kapasitas lebih dari 20 ribu orang.

Semua orang dari beragam agama boleh hadir, tetapi prosesi doa akan dipimpin oleh imam Muslim. Acara ini juga akan disiarkan langsung di situs pusat Ali.

Gunnell mengatakan Ali adalah idola banyak orang. Sehingga, acara ini akan merefleksikan kepeduliannya tak peduli ras, agama, dan latar belakang.

Ali meninggal pada Jumat pukul 21.10 waktu setempat di rumah sakit Phoenix, Arizona. Ia meninggal karena infeksi darah. Gunnell mengatakan, Ali meninggal dengan tenang setelah mengucap selamat tinggal pada istri dan anak-anaknya.

Ali dikelilingi keluarganya ketika menghembuskan napas terakhir. "Jangan menangis, saya tidak merasakan sakit. Saya akan kembali kepada Allah," kata Ali kepada keluarganya sebelum meninggal, dikutip dari BBC.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement