Selasa 07 Jun 2016 13:56 WIB

Stephen Hawking Semangati Anak-Anak Cina

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih
Stephen Hawking
Foto: AP
Stephen Hawking

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Stephen Hawking memberi semangat pada anak-anak Cina yang akan menghadapi ujian kenaikan tingkat, Senin (6/6). Dalam akun Weibonya, fisikawan itu mendoakan mereka agar jadi generasi yang pintar.

Anak-anak Cina akan menghadapi salah satu ujian paling penting dalam hidup mereka pada Selasa dan Rabu. Ujian yang disebut Gaokao itu adalah ujian kenaikan tingkat yang mirip SAT di Amerika.

Profesor Hawking berbagi kata-kata untuk menginspirasi mereka. Berikut petikan lengkapnya. "Karena banyak diantara anda yang akan mengikuti Ujian Masuk Pendidikan Lebih Tinggi, saya ingin mendoakanmu, para generasi dengan pikiran ilmiah, sebuah kesuksesan dalam kerja keras akademik kalian. Kumpulan kerja keras kalian ini menandakan awal masa depan yang cerah.

Berkembang lah, orang tua saya sangat menghargai pendidikan dan saya bersyukur atas kesempatan tak terhingga karena pembelajaran-pembelajaran saya. Tak peduli akan jadi dokter, guru, peneliti, musisi, insinyur atau penulir, jangan takut untuk mencapai cita-cita. Anda adalah negerasi pemikir besar dan pemimpin yang akan membentuk generasi masa depan," kata Hawking, dilansir dari Time.

Pesan Hawking ini mendapat banyak apresiasi. Pengikutnya bertambah pesat jadi empat juta akun. Pesan mendapat likes hingga 412 ribu dan 57 ribu komentar. "Banyak siswa melihat anda sebagai role model, termasuk saya. Terima kasih untuk ucapannya," kata seorang pengikut.

Menurut Kementerian Pendidikan Cina, 9,4 juta anak akan ikut dalam ujian masuk kampus tahun ini. Gaokao pernah dihubung-hubungkan dengan peningkatan angka bunuh diri yang mencapai lebih dari seperempat juta nyawa per tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement