Rabu 08 Jun 2016 10:02 WIB

Imam Zaid Shakir akan Pimpin Shalat Jenazah Muhammad Ali

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
Muhammad Ali
Foto: Reuters
Muhammad Ali

REPUBLIKA.CO.ID, LOUISVILLE -- Kepergian legenda tinju dunia Muhammad Ali memang menjadi duka dunia. Terbukti, upacara pemakaman Ali diperkirakan akan dibanjiri pelayat.

Upacara penghormatan dan pemakaman legenda tinju yang sekaligus tokoh Muslim dunia, Muhammad Ali, rencananya akan dilangsungkan selama dua hari. Sementara, shalat jenazah akan dipimpin Imam Zai Shakir, ulama ternama Amerika Serikat yang berasal dari California.

Imam Zaid Shakir merupakan ulama yang sering berdakwah keliling dunia, dan co-founder dari Universitas Zaytuna di Barkeley. Ulama bernama lahir Ricky Daryl Mitchell kelahiran 24 Mei 1956 tersebut juga merupakan co-founder dan chairman dari United For Change 2009.

Acara pemakaman Ali dimulai dengan upacara pribadi pada Kamis (9/6), diikuti dengan upacara secara Islam bagi masyarakat di Freedom Hall. Freedom Hall merupakan tempat pertarungan profesional terakhir Ali di Lousville, saat mengalahkan Willi Besmanoff pada 29 November 1961.

Hari Jum'at, keluarga Ali akan berkumpul untuk melakukan doa bersama, yang akan diikuti prosesi penguburan di Pemakaman Cave Hill. Rute rombongan jenazah akan melewati Lousiville, serta akan membawa bantalan nama bertuliskan Ali sepanjang perjalanan menuju pemakaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement