Rabu 08 Jun 2016 10:11 WIB

Menangkan New Jersey, Clinton Makin Mulus Melaju Jadi Capres

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Hillary Clinton
Foto: AP/Charlie Neibergall
Hillary Clinton

REPUBLIKA.CO.ID, NEW JERSEY -- Hillary Clinton memenangkan satu dari enam primary di AS, Rabu (8/6). Clinton menang di New Jersey, sementara Sanders berharap memenangkan Kalifornia.

Kalifornia adalah salah satu negara bagian yang memiliki banyak delegasi. Kemenangan di sana akan berimbas sangat signifikan pada perolehan delegasi.

Sanders sudah memenangkan kaukus Demokrat di North Dakota. Empat primary lagi masih harus dilalui keduanya. Sanders berjanji akan bertarung hingga akhir.

Meski AP sebelumnya melaporkan Clinton sudah bisa mengantongi jumlah minimal delegasi untuk jadi nominasi partai. Namun keduanya masih sama-sama harus berjuang untuk mendapat delegasi dan super delegasi.

Sementara di Republik, Donald Trump mengamankan tiga primary, yaitu di New Jersey, New Mexico dan South Dakota. Dalam pidato kemenangannya, ia melontarkan komentar yang menyinggung Sanders.

Ia mengatakan siap menampung para pendukung senator dari Vermont tersebut. "Pada semua pendukung Bernie Sanders yang tertinggal dalam dingin oleh sistem super delegasi, kami menyambut anda dengan tangan terbuka," kata Trump dari penginapan golfnya di Westchester, New York.

Ia juga mengatakan ini bukan masalah Republik atau Demokrat, tapi siapa yang memimpin negara. Trump mengkritik sistem super delegasi yang disebutnya curang.

Miliarder New York itu mengatakan Clinton tidak berhak memenangkan kursi presiden. "Clinton telah membuat departemen luar negeri jadi departemen uang," kata Trump. Ia menuduh Clinton menjual akses, keinginan dan kontrak pemerintah yang bernilai ratusan miliar.

sumber : Independent/Telegraph

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement