Rabu 08 Jun 2016 12:15 WIB

Pemimpin Dunia akan Beri Penghormatan Terakhir pada Ali

Fan Muhammad Ali menyampaikan bentuk duka citanya di kampung halaman Ali di Louisville, Kentucky.
Foto: Reuters
Fan Muhammad Ali menyampaikan bentuk duka citanya di kampung halaman Ali di Louisville, Kentucky.

REPUBLIKA.CO.ID, LOUISVILLE -- Pemimpin dunia akan menghadiri pemakaman Ali di kampung halamannya, Louisville, Kentucky, Jumat mendatang (10/6). Di antara mereka yang akan datang adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Raja Abdullah dari Yordania.

Dilansir BBC, Rabu (8/6), mantan juara tinju kelas berat dari Inggris, Lennox Lewis, dan aktor Will Smith yang pernah berperan sebagai Ali dalam film juga dijadwalkan datang. Presiden AS terdahulu, Bill Clinton, dan aktor Billy Crystal akan memberikan pidato.

Baca: Obama tak Hadiri Pemakaman Muhammad Ali

Sebelum pemakaman pada Jumat, prosesi pemakaman secara Islam akan digelar pada Kamis (9/6) di Freedom Hall, tempat Ali bertarung dan memenangi pertandingan profesional pertamanya pada 1960. Freedom Hall mampu menampung 18 ribu orang.

Pada Selasa (7/6), warga mengantre hingga malam hari untuk mendapatkan tiket pertama.

Peti mati Ali akan dibawa menyusuri jalan di Louisville, melewati lokasi yang bersejarah bagi Ali. Prosesi pemakaman akan berlangsung di stadion konser dan olahraga KFC Yum! Center pada pukul 14.00 waktu setempat. Prosesi ini terbuka bagi masyarakat.

Jenazah Ali akan disemayamkan secara tertutup di Cave Hill Cemetery. Prosesi pemakaman akan disiarkan langsung lewat internet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement