Ahad 12 Jun 2016 09:58 WIB

CIA: Tak Ada Bukti Keterlibatan Saudi di 9/11

Rep: Gita Amanda/ Red: Bilal Ramadhan
Peristiwa 11 September 2011
Foto: digy.com
Peristiwa 11 September 2011

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Direktur CIA John Brennan pada Sabtu (11/6) mengatakan kepada Al-Arabiya dalam sebuah wawancara eksklusif bahwa tak ada bukti keterlibatan Arab Saudi dalam serangan 11 September.

Ini disampaikan Brennan menanggapi laporan investigasi setebal 28 halaman ke Kongres Amerika Serikat yang menyatakan ada bukti pejabat Saudi mendukung Alqaidah dalam melakukan serangan.

Pada Mei, anggota dari komisi 11 September, John Lehman, mengatakan kepada CNN bahwa ada bukti sebanyak enam pejabat Saudi mendukung Alqaidah. Namun dalam wawancara pertamanya dengan media Arab, Brennan menolak klaim Lehman tersebut.

"Komisi 11 September nampaknya sangat teliti dengan tuduhan keterlibatan Saudi, keterlibatan pemerintah Saudi dan temuan mereka. Menurut kesimpulan tak ada bukti menunjukkan pemerintah Saudi sebagai lembaga maupun pejabat individual senior Arab mendukung serangan 11 September," kata Brennan.

Brennan juga mengatakan, selama 15 tahun terakhir Saudi telah menjadi mitra kontraterorisme terbaik AS. Brennan menggambarkan baik Raja Salman maupun wakilnya Putra Mahkota Mohammed bin Salman sebagai mitra yang kuat dalam upaya memerangi terorisme.

Saat ditanya apakah Brennan menjalin kontak dengan lawan Saudi, Teheran, ia mengatakan tidak. Brennan justru mengatakan prihatin dengan dukungan Iran pada kegiatan teroris dan kelompok teroris.

"Iran masih harus melalui jalan panjang sebelum saya yakin mereka tertarik melawan dan menghancurkan terorisme," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement