Senin 13 Jun 2016 08:00 WIB

Pemerintah Queensland Turunkan Tarif Bus

Annastacia Palaszczuk dan Stirling Hinchliffe mengumumkan penurunan tarif bus umum di Brisbane.
Foto: abc
Annastacia Palaszczuk dan Stirling Hinchliffe mengumumkan penurunan tarif bus umum di Brisbane.

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Anak-anak dibawah usia 15 tahun yang menggunakan Go Cards akan bisa menggunakan sarana transportasi publik gratis di akhir pekan. Hal ini dimungkingkan menyusul perubahan besar di sektor transportasi publik di Queensland Tenggara yang diperkirakan dapat menghemat sekitar 1,000 dolar AS per tahun bagi para komuter.

Menteri Utama Queensland, Annastacia Palaszczuk mengumumkan hasil keputusan kajian perubahan tarif transportasi publik yang sudah tertunda selama sepekan. Perubahan ini akan mengurangi jumlah zona transportasi publik dari 28 menjadi hanya delapan zona mulai tahun depan.

Biaya untuk satu zona tunggal perjalanan di jam-jam sibuk telah diturunkan dari 3,35 dolar AS menjadi 3,20 dolar AS. Pemerintah memperkirakan lebih dari 93 persen pengguna transportasi publik akan bisa menghemat uang mereka dengan penurunan tariff ini.

 

"Kemana saja saya pergi selalu saja ada warga yang mengeluhkan soal biaya hidup, dan kami mendengarkan keluhan mereka,” kata Palaszczuk.

Komuter dari Gold Coast–Brisbane sekarang tidak perlu lagi bepergian hingga 15 zona tapi bisa menghemat hingga 1.196 dolar AS per tahun. Komuter dari Goodna, Strathpine, atau Samford akan bisa menghemat 899 dolar AS per tahun. Komuter yang mengambil zona tunggal juga dapat menghemat 1,30 dolar AS per minggu.

Periode bukan jam sibuk juga akan diperpanjang, antara 19.00 dan 06.00 dan 08.30 pagi sampai 15.30 sore. Diharapkan perubahan tarif transportasi ini akan menarik tambahan delapan juta pengguna angkutan umum baru setiap tahunnya, dan akan mengurangi tujuh juta mobil dari jalanan di Queensland setiap tahunnya.

Menteri Transportasi Stirling Hinchliffe mengatakan pengurangan tarif ini membebani anggaran Pemerintah hingga 210 juta dolar AS dari kehilangan pendapatan selama empat tahun ke depan. Kajian ini menyatakan sembilan perjalanan berbayar dan kemudian rencana perjalanan gratis tidak berjalan - 85 persen dari penumpang tidak memenuhi persyaratan dan patronase turun lebih dari dua juta perjalanan.

Kebijakan ini akan digantikan oleh rencana baru yang akan melihat diskon 50 persen pada tarif setelah komuter melakukan delapan perjalanan dibayar selama seminggu. Selain itu, tarif juga tidak akan dinaikan tahun ini dan tahun berikutnya, dan inisiatif "satu, dua, bebas" untuk para pensiunan akan tetap diberlakukan.

Para pencari suaka dan orang-orang pengguna tunjangan Newstart juga akan dapat mengakses konsesi ini mulai awal 2017.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/tarif-bus-di-queensland-tenggara-turun/7503850

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement