Kamis 23 Jun 2016 13:54 WIB

Referendum Inggris, 13 Persen Warga Inggris Belum Tentukan Pilihan

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Bendera Inggris dan Uni Eropa
Foto: Reuters
Bendera Inggris dan Uni Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Warga Inggris pada Kamis (23/6), memulai pemungutan suara referendum keanggotaan Inggris di Uni Eropa. Dari beberapa poling dan prediksi sejumlah lembagan dukungan untuk Inggris tetap di Uni Eropa unggul.

Dilansir dari The Week, menurut studi komprehensif yang dilakukan NatCen Social Research menunjukkan 51 persen warga Inggris menyatakan ingin tetap menjadi bagian dari Uni Eropa. Sementara sekitar 49 persen diantaranya memilih agar Inggris meninggalkan Uni Eropa.

Namun ini tentu belum keputusan akhir, mengingat berdasarkan survei 13 persen responden mengaku masih belum memutuskan pilihan mereka.

Baca: Media Cina Sebut Inggris Sedang Tersesat

Tak jauh berbeda dengan hasil survei NatCen Social Research, The International Spectator juga memprediksi kemenangan pendukung Inggris tetap berada di Uni Eropa. Di akun Twitter @intlspectator, pendukung Inggris untuk tetap di Uni Eropa tercatat sebanyak 62 persen. Sedangkan mereka yang memilih Inggris meninggalkan Uni Eropa hanya 38 persen.

Pemungutan suara referendum Brexit dibuka pada pukul 07.00 waktu Inggris dan rencananya akan ditutup pada pukul 22.00 waktu setempat. Setelah pemungutan suara ditutup, kotak suara akan disegel dan dikumpulkan. Mereka akan diangkut ke tempat penghitungan suara.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement