Kamis 23 Jun 2016 19:40 WIB

Penduduk Inggris Tunaikan Hak Bersuara

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih
Bendera Inggris dan Uni Eropa
Foto: Reuters
Bendera Inggris dan Uni Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penduduk Inggris menunaikan haknya memilih antara tetap di Uni Eropa atau lepas, Kamis (23/6). TPS telah dibuka sejak pukul 7.00 pagi hingga 22.00 malam waktu setempat. Sebanyak 46.499.537 tercatat sebagai pemilih.

Setelah TPS tutup, semua kotak suara akan ditutup dan dikumpulkan ke tempat perhitungan suara di 383 area. Jumlah ini menunjukan area pemerintahan lokal di Inggris, Skotlandia dan Wales, plus satu di Irlandia Utara dan Gibraltar.

Hasil dari area-area ini akan dideklarasikan sepanjang malam, bersama hasil total dari 11 negara dan wilayah. Hasil akhir akan dideklarasikan oleh Chief Counting Officer yang berbasis di Manchester Town Hall.

Komisi pemilihan memperkirakan hasil akhir akan muncul di jam sarapan pada Jumat waktu setempat. Referendum mirip seperti ini pernah dilakukan lima tahun lalu. Hasilnya pemilih menolak perubahan cara pemilihan anggota dewan.

Referendum pertama dilakukan pada 1975, ketika penduduk menentukan apakah tetap jadi anggota dari Komunitas Ekonomi Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement