Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Italia Selamatkan 4.500 Migran dari Kapal tak Layak

Jumat 24 Jun 2016 11:28 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Angga Indrawan

Petugas mengamankan puluhan migran Afrika yang ingin ke Eropa.

Petugas mengamankan puluhan migran Afrika yang ingin ke Eropa.

Foto: Boston.com

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Penjaga pantai dan angkatan laut Italia mengatakan telah menyelamatkan 4.500 migran dari puluhan kapal kecil di Laut Mediterania, Kamis (23/6). Satu orang tewas dievakuasi masih berada di dalam kapal.

Cuaca yang cukup bersahabat membuat banyak kapal migran memutuskan kembali berlayar. Sebagian besar kapal yang tidak layak untuk berlayar di laut itu berada sekitar 40 km dari pantai Libya.

"Kami menyelamatkan total sekitar 4.500 orang dalam 40 operasi penyelamatan," kata Juru bicara penjaga pantai pada AFP. Menurutnya, operasi tersebut terus berlanjut dan jumlah migran kemungkinan meningkat. Belum jelas kemana para migran ini akan dibawa dan bagaimana kondisinya.

Lebih dari 10 ribu orang tewas ketika mencoba melintas Mediterania menuju Eropa sejak 2014. Sementara jumlah ketibaan di Eropa diperkirakan akan terus meningkat. Meski menurut IOM, kedatangan migran di Italia masih sama tingkatnya dengan tahun lalu.

Sebuah kesepakatan antara Turki dan Uni Eropa untuk mencegah migran ke Eropa telah berhasil menurunkan kedatangan hingga 98 persen selama lima bulan pertama tahun ini. Angkanya dibandingkan dengan periode yang sama dengan tahun 2015.

sumber : bbc
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA