Jumat 24 Jun 2016 20:22 WIB

Warga Eropa Khawatirkan Brexit

Sejumlah perempuan berjalan melewati sebuah toko memasang bendera Inggris di Athena, Yunani, 24 Juni 2016.
Foto: AP Photo/Petros Giannakouris
Sejumlah perempuan berjalan melewati sebuah toko memasang bendera Inggris di Athena, Yunani, 24 Juni 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Warga Eropa mengatakan keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa mengejutkan mereka. Mereka juga mengaku khawatir dan tidak percaya keputusan itu.

"Ini benar-benar mengerikan dan menghancurkan. Saya tidak menduga ini bisa terjadi," ujar Martin Suss (25 tahun), seorang desainer grafis dari Stuttgart yang tinggal di Berlin, dilansir dari USA Today, Jumat (24/6).

Banyak yang mengatakan keputusan Inggris akan menghancurkan blok Uni Eropa.

"Jika satu negara memutuskan keluar dari Uni Eropa, maka negara lain kemungkinan mengikuti dan seluruh sistem bisa hancur. Hal ini juga tidak nyaman karena banyak produk menjadi lebih mahal tanpa kesepakatan perdagangan bebas dalam Uni Eropa," ujar Luisa Schneider (24), seorang mahasiswa di Munich.

Baca: Darmin: Brexit Hal yang Mengejutkan

Banyak orang  di seluruh Eropa mengatakan kepada USA Today mereka khawatir mengenai kesempatan belajar, bekerja dan bepergian di Inggris.

Di Prancis, Camille Pitkethly (24) mengatakan keluarnya Inggris dari UE berdampak kepada dirinya.

"Saya menentang Brexit, tapi saya merasa Inggris tidak pernah benar-benar menjadi anggota UE karena mata uangnya yang berbeda. Kekasih saya warga Inggris, jika saya harus mengajukan visa, itu akan menyulitkan," ujarnya.

Ellen Tsourounaki-Peck (38), seorang guru di Athena, Yunani tidak khawatir. Justru dia berpikir UE memerlukan guncangan seperti itu. Yunani adalah satu-satunya negara lain yang mempertimbangkan meninggalkan blok tersebut.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement